Baca Berita

Tingkatkan Pemahaman Pentingnya Menjaga Ekosistem Laut

Oleh : humas | 03 Juli 2018 | Dibaca : 329 Pengunjung

Ratusan Siswa Ikuti Kids Education di Pantai Mertasari

 

Denpasar, Dalam rangka memaksimalkan pengembangan potensi perikanan di Kota Denpasar, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Denpasar berisap kembali menggelar Pendampingan Iptek dan Informasi tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung di Kawasan Dream Island Pantai Mertasari, Sanur pada Selasa (3/7) ini dikemas dalam Kids Education yang menampilkan beragam kegiatan menarik yang memberikan edukasi kepada masyarakat dan anak-anak. Terdapat sedikitnya 150 siswa SD di Kota Denpasar mengikuti kegiatan ini. Hadir dalam kesmepatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, AA Ngurah Bayu Brahmasta yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, AA Ngurah Bayu Brahmasta didampingi Sekretaris DPKP, I Gusti Ayu Ngurah Raini saat diwawancarai disela pelaksanaan kegiatan mengatakan bahwa Kota Denpasar memiliki potensi sumberdaya perikanan yang masih dapat dikembangkan. Seperti halnya sumber daya perikanan tangkap dan perikanan budidaya. Sehingga diperlukan upaya maksimal untuk tetap mengembangkan potensi tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan nelayan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Kids Education ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mengisi libur sekolah di Kota Denpasar. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi sarana dalam menanamkan pentingnya keseimbangan ekosistem baik di laut maupun di pesisir. Dari tahun ke tahun pelaksanaan kegiatan ini turut menyasar beragam pesisir yang dimiliki Kota Denpasar.  

"Keseimbangan inilah yang penting untuk diketahui sejak dini dan dijaga sehingga keberadaan ekosistem pesisir dan kekayaan alam hayati di Kota Denpasar tetap lestari dan mampu mendorong pergerakan ekonomi di pesisir Denpasar, serta anak-anak mampu memahami dan memberikan pemahaman kepada teman-temannya yang lain," paparnya.

Bayu Bramasta mengatakan kegiatan Pendampingan Iptek dan Informasi yang dikemas dalam Kids Education ini turut dilaksanakan beragam kegiatan menarik. Seperti halnya bersih pantai, penanaman manggrove/bakau, penebaran 600 benih ikan dan tukik, serta memberikan edukasi pembuatan kerajinan dari bahan plastik.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan bahwa kegiatan ini selain menyasar masyarakat pesisir juga turut memberikan ruang bagi anak-anak untu mengisi leburan sekolah dengan kegiatan yang produktif. Partisipasi anak-anak pun tinggi dalam kegiatan ini yang terbukti terdapat 150 anak yang turut andil dalam kegiatan tersebut. Bahkan, jumlah tersebut lebih dari quota awal yang hanya 100 orang.

"Dari kegiatan ini diharapkan  anak-anak yang sudah sejak dini mendapat pemahaman dapat mengimplementasikan dengan ikut menjaga lingkungan laut dengan tetap menjaga kebersihan dan mengurangi sampah dengan memanfaatkan sebagai barang yang lebih berguna," pungkasnya.

Orang tua siswa, Anak Agung Gede Wirawan mengaku ikut acara ini untuk mengenalkan kepada anaknya terkait lingkungan sekitar utamanya lingkungan pantai sekaligus mengisi liburan sekolah dengan kegiatan yang positif. "Saya dapat info dari istri yang bekerja di Dinas bahwa ada acara untuk anak pas liburan. Kemudian saya daftarkan anak saya. Setidaknya ini sebagai pembelajaran dengan lingkungan dan memberikan edukasi tentang penanaman mangrove, menambah wawasan tentang kebersihan dan lingkungan," kata Agung. 

Sementara salah seoarang siswa, SD 1 Saraswati, Gede Andrean Prawira Putra mengaku sanang dapat berkumpul bersama teman sekaligus mengisi hari libur sekolah dengan berbagai kegiatan. Selain itu, dengan cara yang sederhana juga ikut serta dalam menjaga lingkungan. "Senang ikut kegiatan ini, selain dapat bermain juga dapat mejaga lingkungan bersama-sama," ujarnya sembari tersenyum. (Ags/HumasDps)


Oleh : humas | 03 Juli 2018 | Dibaca : 329 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Kegiatan Pemerintah Kota Denpasar Tahun 2015
Video
No Video.
Facebook
Twitter